Minggu, Januari 09, 2011

Kirap Budaya

Kirap Budaya yang dilaksanain 4 Januari 2011 kemaren itu sebenarnya sebagai acara 'Penetapan Yogyakarta Sebagai Kota Republik'. Apa maksudna? Saya sendiri tidak paham, silahkan mencari info di tempat lain. Saya lihat selama parade yang belangsung tidak lebih dari satu jam itu yang lewat adalah kelompok dari Jogja Hip Hop Foundation, Mobil dengan tokoh Gus Dur, Hamengku Buwono X, Paku Alam, mobil bak terbuka dengan bendera sebuah partai politik, rombongan yang memakai jas almameter suatu Universitas (red : or mungkin institut I don't even know), serta beberapa elemen kesenian rakyat.



iring-iringan abdi dalem kertaon melewati depan gedung DPRD sebelum hujan lebat mengguyur parade.

Saya sendiri tidak paham apakah istilah 'kirab budaya' cukup mewakili parade tersebut. Tapi apapun yang ditampilkan silakan menilai sendiri dan jangan lupa menyertakan sikap objektif anda. Saya hanya menyampaikan apa yang saya lihat, tapa observasi mendalam, tanpa wawancara, tanpa penggalian data otentik.


Terus berjalan dengan tiupan selrulingnya meski guyuran hujan semakin lebat.

Selain yang bermobil, dan berjalan kaki ada juga yang menggunakan sepeda.
 
Peserta kirab yang ini tidak membawa panji-panji, alat kesenian, maupun berorasi, mereka hanya berjalan dalam diam dari stasiun tugu hingga ringin kurung di Alun-alun Utara.
Melindungi Merah Putih atu Berlindung pada Merah Putih?

2 komentar:

  1. Saya memang suka dengan liputan budaya kaya gini.
    Karena saya lebih tertarik dengan foto lifutanya saya jadi ingin berkomentar tentang foto ini:
    Fotonya memang menari tapi sepertinya kalau menampilkan foto liputan kaya gini jangan menampilkan dengan irama yang sama. saya lihat kelima fot anda ini adalah foto parade saja, perasaan variasinya kurang.
    Kalau saya mungkin foto:
    1. Foto Paradenya (paling penting)
    2. Orang yang penting (ketua panitia atau siapalah)
    3. Yang jelas anda harus motret penonton
    4. Tampilkan satu foto yang unik dari acara tersebut
    5. Kesankan foto anda berbeda,masukan selera foto anda saja.

    begitu sajalah nanti kita hunting bareng yaaa...

    BalasHapus
  2. Trimakasih masukannya Beli. Membantu saya memikirkan apa yang tidak saya pikirkan selama ini.

    BalasHapus