Sabtu, Desember 17, 2011

Alasan

ummuhusna99.blogspot.com
Berapa banyak alasan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu? Kata ahli motivasi di buku The Magic of Thinking Big jika benar-benar memikirkan sesuatu maka alasan (dan jalan) itu akan ketemu.

Beliau mencotohkan ide menghapus penjara. Pertama orang-orang bilang bahwa itu tidak mungkin, tidak seharusnya para penjahat dibiarkan berkeliaran, dan segala macamnya. Setelah diberi tambahan waktu mereka bisa menemukan bahwa ide itu bukan hal yang mustahil. Pendidikan yang lebih baik, perbaikan ekonomi, fasilitas perawatan kejiwaan, dan lingkungan hidup bisa mengurangi krimaniltas. Tapi jika berasumsi bahwa sebagian orang memang dilahirkan untuk menjadi penjahat ya berati anda memcari alasan baru.

Ini jumlah alasan saya mengapa saya tidak melakukan sesuatu :
  • Saya pengen jadi penyiar radio, tapi saya cadel. Artikulasi pada hururf 'r' kurang jelas.
  • Saya ingin memperdalam Bahasa Inggris dan Jerman, memori saya pendek, sehingga gampang lupa.
  • Saya pengen jadi fotgrafer, tak punya uang untuk membiayai.
  • Pengen belajar desain, ternyata saya agak buta warna, tak bisa membedakan tone warna.
  • Saya pengen bisa nyanyi tapi tidak bisa menyesuaikan diri dengan tempo, selalu telat.
  • Saya ingin naik gunung tapi saya alergi pada suhu dingin dan panas.
  • Saya pengen jadi penulis tapi di dunia ini sudah sangat banyak penulis.
  • Pengen jadi guru kurang sabar dengan anak-anak.
  • Ingin mandi airnya dingin.
  • Ingin kerja semalam kurang tidur.
  • Ingin nyuci sendiri alergi detergent.
  • Pengen buat usaha tak punya ilmu menejemen, dan sebagainya.


Selalu ada alasan kan untuk tidak melakukan sesuatu. Alasan memang selalu menjebak. Saat selesai satu alasan maka akan muncul alasan yang lain. Bahkan saat mulai sesuatu kadang tak bisa membagi dengan yang lain. Saat ingin hidup malah tidak punya alasan.

Masih terjebak dengan berbagai alasan setiap harinya, sedikitlah keluar dari ritunitas, pikirkan sejenak mengapa tak ada jalan keluar. Apa yang belum dilakukan untuk semuanya. Di film action jika semua sudah di cek dan hasilnya nihil itu artinya ada yang luput dari pengecekan atau ada penghasut di dalamnya. Bisa jadi malah alasannya tidak beralasan, alias fiktif. 

Mari bangun dan mulai langkah pertama. Masih beralasan juga?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar